Sebanyak 279 Taruna Tk. IV/Sermatutar Prodi Manajemen Pertahanan Akademi Militer melaksanakan ujian perwira yang dimulai sejak tanggal 27 Maret s.d. 6 April 2023.    Ujian Perwira merupakan salah satu metoda untuk mengevaluasi hasil belajar mengajar pada aspek pengetahuan dan keterampilan di akhir pendidikan. Kegiatan Ujian Perwira di samping merupakan ujian akhir pendidikan, sekaligus berfungsi sebagai alat ukur untuk mengetahui keberhasilan operasional pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar.

Materi yang diujikan merupakan bagian dari materi kuliah yang telah diterima Taruna mulai dari tingkat I, II, III dan IV.     Ujian Perwira merupakan ujian akhir yang dilaksanakan secara perorangan dengan tujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi pengetahuan dan keterampilan Perwira dengan pangkat Letnan Dua serta berkualifikasi Diploma IV (D-IV) sarjana terapan pertahanan S.Tr(Han).

Tujuan ujian perwira, untuk memperoleh data kemampuan Taruna Tk. IV pada aspek pengetahuan, keterampilan dan jasmani yang telah diberikan selama pendidikan di Akademi Militer guna menentukan kelulusan sebagai Perwira TNI AD berpangkat Letnan Dua yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Saptamarga memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan golongan Perwira, berkualifikasi akademis Diploma IV (D4) dibidangnya dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr(Han) serta kondisi jasmani yang samapta.

Setiap Taruna harus mengerjakan materi ujian perwira meliputi bidang kepemimpinan dan kejuangan, militer dasar, teknik dan taktik militer, pengetahuan militer umum, dan jasmani selama 9 hari. Selama kegiatan ujian perwira, Taruna harus pandai-pandai menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, karena banyak menguras pikiran dan tenaga.   Adapun materi ujian yaitu teori dan praktek di kelas antara lain ujian tertulis, pembuatan produk rencana lapangan, produk studi kasus dan presentasi.    Selanjutnya ujian  praktek di lapangan antara lain Navigasi darat (GPS) teknik dasar menembak, teknik tempur dasar, renang militer, halang rintang, lintas medan, memberikan perintah operasi serangan, pertahanan dan patrol penghadangan. (Untung)