Boyolali (23/11). Belum lama ini Prodi Manajemen Pertahanan Kordos Akmil melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di wilayah Kabupaten Boyolali, tepatnya di Desa Manggis, Kecamatan Mojosongo. Sebanyak 6 orang Dosen Prodi Manajemen Pertahanan dan 5 orang Taruna melaksanakan peningkatan kompetensi Perangkat Desa, yang berlangsung di kantor Balaidesa Manggis yang diikuti oleh perangkat desa Manggis.

Dalam kegiatan tersebut Ketua Tim PKM menyampaikan pentingnya sebuah organisasi terdapat suatu sistem yang bernama Manajemen Organisasi, sistem ini diperlukan untuk kelancaran operasional suatu organisasi dalam rangka mewujudkan visi dan misi. Sebuah organisasi akan survive dan berkembang jika pengelolaannya dilakukan dengan baik dan benar. Pentingnya pengelolaan organisasi/manajemen organisasi sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Manajemen merupakan ilmu dan seni dalam mengatur, mengendalikan, mengkomunikasikan dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada dalam organisasi dengan memanfaatkan fungsi-fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) agar organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif dan efesien.

Sementara salah satu aspek penting dalam membangun organisasi  apapun termasuk organisasi desa adalah soliditas, kepercayaan antar sesama anggota serta hubungan dengan masyarakat menjadi faktor kunci suatu organisasi agar tetap survive dan dapat diterima dalam masyarakat. Untuk mengatasi persoalan tersebut penting untuk meningkatkan pengetahuan perangkat desa tentang  manajemen organisasi. Salah satu tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini  adalah untuk memberikan pengetahuan keorganisasian dalam menjalankan suatu organisasi melalui manajemen organisasi di Desa Manggis.  (Untung)