Seminar prodi merupakan kegiatan akademik yang merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tema ini diambil dengan tujuan untuk membekali para Taruna Tk.III dan  Tk.IV serta perwakilan Taruna Tk.II. Hal ini dikarenakan Perwira remaja (Paja) lulusan abituren Akmil dalam penugasan diprioritaskan di daerah perbatasan wilayah NKRI. Seminar ini merupakan pembekalan yang berisikan tentang deskripsi daerah perbatasan secara keseluruhan ditinjau dari aspek kependudukan, pendidikan, sosial budaya, mata pencaharian  dan yang terpenting ketahanan wilayah.

Key note speaker dalam seminar ini Rektor Untid, Prof.Dr. Joko Widodo selanjutnya nara sumber yang lain  RM. Mahendradi, SH., M.Si, beliau kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kewirausahaan dan Pembangunan Pedesaan Universitas Tidar Negeri dan Dr. Dafri, M.Si beliau dosen Fakultas Fisopol UGM.

Seminar dihadiri oleh mahasiswa PTN dan PTS di wilayah sekitar Magelang seperti UGM, Untidar Negeri, STIMIK Bina Patria, STIKES, UMM, Perwakilan Gadik/Dosen dari masing-masing Departemen, Taruna Tk.IV, III Prodi Manajemen Pertahanan dan perwakilan Taruna tiap Prodi (Administrasi, Teknik Elektro, Teknik Sipl dan Teknik Mesin), perwakilan Taruna Tk II.        Berikut disertakan dokumentasi kegiatan seminar :